Senin, 29 September 2008

Truk Terjungkal, 10 Tewas

BORONG, PK -- Sepuluh orang tewas dan 32 orang lainnya menderita luka berat dan ringan akibat truk yang mereka tumpangi terjungkal masuk ke dalam jurang sedalam 50 meter di tepi jalan raya jurusan Benteng Jawa-Necak di Kabupaten Manggarai Timur, Rabu (9/9/2008) sekitar pukul 12.00 Wita.

Korban tewas, diantaranya tiga orang pria dan tujuh wanita. Sesaat setelah kejadian, semua korban tewas dievakuasi dari lokasi kecelakaan dan disemayamkan di Puskesmas Benteng Jawa. Semua 32 orang lagi yang terluka berat pun dibawa ke Puskesmas ini. Ada 13 orang yang dirujuk ke RSUD Ruteng di Kabupaten Manggarai.
Truk "Padi Mas" EB 2144 AC itu dimanfaatkan sebagai angkutan penumpang yang melayani trayek Benteng Jawa menuju Necak di Manggarai Timur.
Ceritra tentang kronologis kejadian yang dihimpun Pos Kupang di Benteng Jawa, menyebutkan, truk milik Tehung itu melayani transportasi dari Benteng Jawa menuju Desa Compang Necak. Desa Compang Necak ini terdiri dari Kampung Necak, Bumbu, Gumbang dan Golopopa.
Pada hari Rabu (9/9/2008), sopir truk Albert Harman menjemput para penumpang di desa itu menuju Benteng Jawa karena di sana ada pasar mingguan. Usai jual beli di sana, para penumpang yang diperkirakan berjumlah 42 orang kembali ke kampung halaman menggunakan truk yang sama. Selain 40-an penumpang, truk juga memuat barang belanjaan para penumpang.
Ketika memasuki ruas jalan di Kampung Longka Kunci-Bealalang, Desa Compang Mekar, di sebuah tikungan halus, ban kiri belakang truk yang dimodifikasi menjadi angkutan umum itu, tergelincir dan masuk jurang. Diperkirakan sekitar lima kali truk terbalik sebelum mencapai dasar jurang. Saat terbalik itu pula, truk membentur tebing jurang dengan keras.
Seluruh isi muatan, manusia maupun barang, terbuang keluar. Bak truk dingsek dan terbelah.
Sembilan penumpang tewas di tempat, sementara seorang lagi meninggal dunia di Puskesmas Benteng Jawa. Selain itu, 32 orang lainnya menderita luka-luka. Mereka menderita luka pada bagian kepala, wajah, tangan patah, kaki patah. Darah berceceran hampir di seluruh tubuh para korban.
Ada informasi yang menyebutkan bahwa sopir Alber Harman kurang awas dalam mengendarai truk. Malam sebelum kejadian, yang bersangkutan kurang istirahat sehingga pada hari itu kondisinya tidak fit.
Beberapa saat setelah kejadian, Wakil Ketua DPRD Manggarai, Willy Nurdin langsung menuju lokasi kejadian bersama warga setempat membantu para korban.
Willy Nurdin kepada Pos Kupang, mengatakan, dari informasi yang diperoleh kecelakaan itu terjadi karena sopir kurang fit.
Dikatakannya, warga setempat langsung membantu para korban. Korban yang terluka dilarikan ke Puskesmas dan yang meninggal disiapkan peti jenazahnya.
"Tadi secara spontan warga langsung membantu menyiapkan segala sesuatu untuk proses antar jenazah ke Necak untuk dikuburkan. Warga sudah buka posko bantuan," katanya.
Dia juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk memberi bantuan berupa beras, uang duka dan kebutuhan lainnya. Bantuan tersebut selain meringankan beban para korban juga sebagai rasa tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat yang mengalami musibah.
"Saya langsung ke Borong untuk koordinasi dengan Pemkab Matim menyikapi kecelakaan ini," katanya. (lyn)

Korban Tewas:
-----------------------------
1. Martina Siju (35)
2. Katarina Ajul (35)
3. Yohanes Jalung (55)
4. Monika Lamus (56)
5. Theresia Jaiman (25)
6. Ester Siwu (25)
7. Adelina Gustin (45)
8. Lusia wanu (65)
9. Fransiskus Noe (40)
10. Petrus Mat (54)

Korban Luka-luka
------------------------------
1. Albert Harmaan
2. Martina Nimas (31)
3. Maria Prawisa (35)
4. Kasmir Hemo
5. Stanis Berahi
6. Gregorius Ram
7. Hendrika Hadia
8. Yohanes Ga
9. Bona Setiawan
10. Stef Jematu
11. Makis Edi
12. Kristina Ginung
13. Lusia Hasina
14. Karolina Roni

15. Natanael Sare
16. Hermina Kerji
17. Paulus Udus
18. Elisabeth We
19. Thomas Dandus
20. Bernadetha Selvia
21. Anastasia Sifan
22. Frans Costa
23. Daniel Husain
24. Onisia Purnama
25. Martinas Ibas
26. Damianus Radion
27. Dami Salut
28. Geradus Gaga
29. Safreana Ledi
30. Emilia Jeniu
31. Kristina Disna
32. Albert

Tidak ada komentar: