Jumat, 29 Agustus 2008

Gadobani : "Saya Siap Pimpin Ende"

ENDE, PK--"Saya siap memimpin Ende lima tahun ke depan. Saya sudah mendaftar sebagai calon Bupati Ende bersama Drs Hendrikus Seni sebagai calon bupati dari PDIP, Senin (25/8/2008) malam, di KPUD Kbupaten Ende di aat injuri time atau menjelang berakhirnya batas waktu pendaftaran."
Hal itu dikatakan oleh Bernadus Gadobani, S.Ag, sebagai calon Bupati Ende yang diusung oleh PDIP Ende, saat ditemui di rumah jabatan Wakil Bupati Ende usai konvoi keliling Kota Ende bersama para pendukungnya, Selasa (26/8/2008) sore.
Gadobanin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Ende, dalam Pilkada Ende 2008 ini berpasangan dengan Drs. Hendrikus Seni, yang lebih dikenal dengan Paket Bernas.
Gadobani menyatakan, ia maju sebagai calon Bupati Ende dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Ende karena setelah melalui permenungan kemudian menyimpulkan bahwa masyarakat Ende membutuhkan seorang pemimmpin.
"Pemimpin bagi saya merupakan kebutuhan masyarakat dan masyarakat Kabupaten Ende membutuhkan saya sebagai seorang pemimpin. Semua yang ikut dalam konvoi hari ini bukan karena saya minta atau saya bayar, tetapi mereka datang sendiri. Sebenarnya saya juga tidak mau daftar lagi sebagai calon Bupati Ende bersama Drs. Hendrikus Seni, tapi mereka yang mendukung saya terus meminta saya untuk maju dalam pilkada ini. Jadi saya mendaftar di KPUD Ende tadi malam (Senin, 25/8/2008 malam)," kata Gadobani.
Menyinggung adanya dukungan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Ende kepada paket lain dalam pilkada Kabupaten Ende, Gadobani mengatakan, ia mengikuti prosedur aturan yang ada di KPUD. Ia mempersilakan KPUD Kabupaten Ende melakukan klarifikasi kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.
"Kami menghargai dan menghormati KPUD Ende dalam melakukan verifikasi. Kami berharap pihak KPUD Kabupaten Ende melakukan klarifikasi lansung kepada ibu Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum DPP PDIP, bukan cuma kepada jajaran pengurus DPP PDIP di bawah Megawati. Karena saya sudah bertemu langsung dengan Megawati," tegas Gadobani.
Dengan mendaftarnya Bernadus Gadobani, S.Ag dan Drs. Hendrikus Seni (paket Bernas) ke KPUD Kabupaten Ende, maka PDIP Kabupaten Ende telah mendaftar dua paket bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ende ke KPUD Kabupaten Ende untuk ikut Pilkada Kabupaten Ende, Oktber 2008 mendatang.
Sebelumnya, Selasa (19/8/2008) Drs. Don Bosco Wangge-Achmad Mochdar (paket DO'A) mendaftar dari pintu koalisi partai termasuk di dalamnya DPC PDIP Kabupaten Ende.
Seperti disaksikan ketika mendaftarkan paket DO'A, PDIP Kabupaten Ende berkoalisi dengan 12 partai politik lainnya. Saat itu, bertindak sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Ende adalah Viktor Mado Watun dan Sekretaris DPC PDIP Ende, Ferry Taso, S.sos. Sementara saat mendaftarkan paket Bernas, bertindak sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Ende, Bernadus Gadobani, S.Ag dan Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Ende, Fransiskus Leru.
Paket Bernas datang ke KPUD Kabupaten Ende sekitar pukul 23.30 Wita diantar pengurus DPC PDIP Kabupaten Ende, keluarga dan simpatisan yang berjumlah ratusan orang. Paket Bernas diterima Ketua KPUD Kabupaten Ende, Fransiskus AR Senda, S.Sos dan anggota KPUD Kabupaten Ende.
Ketua KPUD Ende, Fransiskus AR Senda, S.Sos kepada paket Bernas dan pendukungnya saat mendaftar Senin (25/8/2008) malam, mengatakan, paket Bernas adalah paket omega atau paket terakhir yang mendaftar di KPUD Kabupaten Ende. "Paket Bernas adalah paket yang didaftarkan PDIP Kabupaten Ende tanpa koalisi dengan partai lain. Dan sesuai data perolehan suara pada Pemilu 2004, PDIP Ende memperoleh 20.773 suara atau 16,44 persen dari jumlah pemilih di Kabupaten Ende sehingga paket Bernas memenuhi syarat formal pendaftaran sebagai bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ende," kata Senda.
Ketika kembali ditemui di KPUD Kabupaten Ende, Selasa (25/8/2008) malam, Senda mengatakan, PDIP Kabupaten Ende sudah mendaftar dua paket calon Bupati dan Wakil Bupati Ende ke KPUD Ende, yakni paket Bernas dan paket DO'A . Paket mana yang lolos menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Ende akan melalui proses verifikasi oleh KPUD Kabupaten Ende. Pihak KPUD Ende akan melakukan verifikasi ke DPP PDIP di Jakarta untuk menkonfimasikan paket mana yang bernar diusung PDIP," tambahnya.
Bakal calon Bupati Ende, Bernadus Gadobani, S.Ag yang ditanya wartawan usai mendaftar di KPUD Kabupaten Ende, Senin (25/8/2008) malam, mengatakan, paket Bernas mendaftar di KPUD Ende pada malam hari menjelang penutupan pendaftaran karena pada siang hari ia masih sibuk dengan berbagai kegiatan sebagai Wakil Bupati Ende. "Ketentuan KPUD kan batas akhir pendaftaran pada pukul 00.00 Wita. Jadi masih wajar dan memenuhi syarat untuk mendaftar," tegas Gadobani.
Menyinggung kepengurusan DPC PDIP Kabupaten Ende yang dipimpin Viktor Mado Watun, yang beberapa waklu lalu mendaftarkan paket DO'A ke KPUD Kabupaten Ende dan berkoalisi dengan partai lain, Gadobani menyatakan, yang jelas ia masih Ketua DPC PDIP Kabupaten Ende yang sah sesuai hasil Konfercab PDIP Kabupaten Ende di Moni, 5 Maret 2007.
"Saya masih sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Ende, dan saya tidak pernah mengundurkan diri. Kami serahkan saja kepada KPUD Kabupaten Ende untuk melakukan verifikasi, dan kami menghormati prosedur aturan yang berlaku. Kami optimis dan yakin bisa masuk sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Ende, dan memenangkan Pilkada Kabupaten Ende," kata Gadobani. (mar/ris/lyn)

Tidak ada komentar: