Senin, 11 Agustus 2008

Terkait Kasus Mobil: Kapolres Sumtim Dimutasi ke Polda NTT

Laporan Benny Jahang

KUPANG, PK -- Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigjen Polisi Antonius Bambang Suedi, memutasikan Kapolres Sumba Timur (Sumtim), AKBP Arief Yuliman Susetyana ke Mapolda NTT. Pemutasian itu untuk kepentingan penyidikan kasus jual beli mobil yang tidak memiliki dokumen lengkap.
Kapolda kepada wartawan usai peresmisan gedung ICU dan ruangan operasi Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Kupang, Senin (11/8/2008), menjelaskan, mutasi terhadap AKBP Arief Yuliman Susetyana dilakukan agar proses penyelidikan kasus mobil di Sumtim bisa berjalan cepat.
Dikatakannya, dengan mutasi itu, pemeriksaan terhadap Arief Yuliman Susetyana tidak terikat dengan jabatan yang bersangkutan. "Kita mutasikan agar pemeriksaan yang dilakukan penyidik terhadap dia (Arief Yuliman Susetyana, Red) tidak terikat dengan jabatan yang bersangkutan," kata Kapolda.
Dikatakannya, pihaknya akan segera menuntaskan proses penyidikan kasus jual beli mobil tanpa dokumen itu. Dengan demikian, kasus tersebut tidak lagi menjadi bahan pertanyaan berbagai pihak di NTT.
"Saya ingin kasus ini segera diselesaikan sehingga tidak terus dipertanyakan, baik oleh wartawan, DPRD maupun komponen masyarakat lainnya," kata Kapolda yang didampingi Kabid Dokes RSB Kupang, AKBP dr. Hasrat Ginting S.
Kapolda mengatakan, pihaknya belum mengetahui sejauhmana peran AKBP Arief Yuliman Susetyana dalam kasus jual beli mobil tanpa dokumen itu, karena pemeriksaan terhadap yang bersangkutan belum dilakukan. "Saya belum tahu apakah beliau juga terlibat atau tidak. Pemeriksaan belum dilakukan kok," kata Kapolda.
Serah terima jabatan Kapolres Sumtim akan dipimpin Kapolda NTT, Selasa (12/8/2008), di Waingapu. Kapolres Sumtim selanjutnya akan dijabat AKBP Tetra M Putra, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Binkar Biro Personalia Polda NTT. Sedangkan AKBP Arief Yuliman Susetyana menjadi pamen di Polda NTT. (ben)

Tidak ada komentar: