Kamis, 21 Februari 2008

AYO jalan kaki ke KPU

Paket yang sudah daftar
-----------------------------------
1. Soda (Drs. Sosimus Mitang-dr. Damianus Wera)
2. Abdi (Drs. Alex Hendro Bapa-Robertus R Diogo Idong)
3. Hero (Ir. Heny Doing-Drs. Remigius Cosmas)
4. AYO (Drs. Alexander Longginus-dr. Henyo Kerong)
5. Mesra (Drs. Landoaldus Mekeng-Drs. Fransiskus Xaverius Sura, MM).
Paket yang belum daftar
---------------------------------
1. Yosua (Drs. Yos Ansar Rera-Urbanus Lora)
2. Semadu Sadipun-Suitbertus Amandus.
MAUMERE, PK--Duet Drs. Alexander Longginus-dr. Henyo Kerong, disingkat AYO, yang diusung dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sikka, Senin (11/2/2007), mendaftarkan diri sebagai Cabup/Cawabup Sikka ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sikka. Dengan iringan kekor gedang atau musik suling, paket AYO berjalan kaki, diiringi sejumlah pengurus PDIP dan simpatisan.
Seperti disaksikan Pos Kupang, Alex dan Henyo mengenakan pakaian adat Sikka. Di sepanjang jalan mereka dieluk-elukkan sejumlah warga dan PNS. Sekitar pukul 11.00 Wita, rombongan AYO keluar dari Sekretariat PDIP di Jalan Wairklau. Barisan paling depan adalah sejumlah tua adat, diikuti kelompok musik suling atau kekor gedang dari Rebang, Desa Tilong. Disusul Alex dan Henyo didampingi istri masing-masing. Sementara empat orang tua adat dari Lio, Nita, Bola dan Waigete, yakni Polimali, Yansen Saga, Allo Pegat, Kupertinus dan Philipus Api berpakaian adat lengkap juga mengapit Alex-Henyo. Di belakang Alex-Henyo berbaris pengurus, simpatisan dan kader PDIP Sikka. Ajudan Bupati Alex Longginus, Kamilus, juga berada di barisan itu.
Sementara di barisan paling belakang terdapat sejumlah kendaraan pribadi dan Bus AYO PDIP. Paket AYO dan rombongan berjalan kaki ke KPU sekitar 1 kilometer melewati Jalan El Tari dan Jalan Litbang.
Di sepanjang jalan yang dilalui paket ini, berjejer sejumlah masyarakat dan PNS di kantor instansi yang dilewati. Sesekali masyarakat dan para PNS mengangkat dan melambai-lambaikan tangan dan dan dibalas lambaian tangan oleh paket AYO dan rombongannya.
Suasana jadi 'hidup' karena kekor gedang yang dimainkan sejumlah pemusik tradisional terus mengiringi langkah kaki paket AYO dan rombongannya hingga memasuki halaman KPU Sikka. Sekitar pukul 11.30 Wita, rombongan tiba di Kantor KPUD Sikka. Mereka diterima sejumlah anggota KPU Sikka, yakni Albertus Ben Bao, Vivano Bogar, Thomas Aquino dan Yustinus Darmoyuwono.
Saat paket AYO dan pegurus PDIP mendaftarkan diri di dalam ruangan KPU, rombongan yang lain menunggu di halaman KPU. Terlihat sejumlah PNS yang berpakaian preman dan dinas hadir di halaman KPU.
Kepada wartawan usai mendaftar, Drs. Alexander Logginus didampingi dr. Henyo Kerong, menyatakan kesiapan mereka maju dalam Pilkada Sikka. "Kami akan mengedepankan kualitas, baik dalam proses maupun hasilnya. PDIP siap untuk menang dengan terhormat dan kalah dengan terhormat," tegas Alex.
Alex mengimbau para paket balon yang akan ikut dalam proses Pilkada Sikka agar dapat melaksanakan proses pilkada dengan baik, santun dan berkomitmen untuk membangun Sikka. "Agar kita sama-sama bisa membangun demokrasi dengan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat," tambah Alex. (vel)
PKB daftarkan Mesra
DEWAN Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sikka, bersama dua partai politik di Sikka, yakni PPP dan PKPB menyatakan dukungan politiknya secara resmi kepada Drs. Landoaldus Mekeng-Drs. Fransiskus Xaverius Sura, MM (Mesra). Bentuk dukungan politik itu dengan membentuk Koalisi Sikka Sejahtera dan mendaftarkan paket Mesra ke KPU Sikka, Senin (11/2/2008).
Pendaftaran paket Mesra ke KPU Sikka, kemarin, dihadiri pengurus, ketua dan sekretaris tiga parpol itu, masing-masing Ketua dan Sekretaris, Don JWR da Silva/Yoseph Karmianto Erik (PKB), Ketua/Sekretaris Jimmy J Lameng/ Ir. Ni Made G Tirtha (PKPB), dan Ketua/Sekretaris PPP, Muhamad Abduh/M. Ihsan Wahab.
Paket Mesra tiba di KPU Sikka pukul 13.20 Wita. Tampak sejumlah pengurus mengenakan pakaian seragam parpol. Sementara duet Mesra mengenakan pakaian jas tenun adat dengan celana kain.
Tiba di KPU mereka belum bisa masuk ke ruangan pendaftaran KPU karena saat itu Ketua KPU Sikka, Robby Keupung, masih menggelar rapat internal KPU. Barulah 10 menit kemudian, paket Mesra dan parpol pendukungnya bisa masuk ke ruang pendaftaran. Pendaftaran paket Mesra itu diterima anggota KPU, Albertus Ben Bao, Vivano Bogar, Thomas Aquino dan Yustinus Darmoyuwono.
Penandatanganan berita acara pendaftaran dilakukan pengurus tiga parpol itu. Setelah itu diikuti dengan penandatanganan berita acara pendaftaran oleh ketua dan Sekretaris Koalisi Sikka Sejahtera. Dengan penandatanganan berita acara pendaftaran itu, maka resmilah paket Mesra mendaftarkan diri ke KPU Sikka meski ada sejumlah catatan yang harus dilengkapi oleh koalisi karena belum dibawa kemarin.
Belum terima SK
Terkait SK persetujuan DPP PKB dari Ketua Dewan Syura DPP PKB, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, terhadap paket Drs. Yos Ansar Rera-Urbanus Lora (Yosua), Ketua DPC PKB Sikka, Don JWR da Silva, mengaku belum menerimanya. "Saya tidak pernah tahu dan tidak pernah dapat SK itu," kata Don dengan nada tinggi.
Menurut Don, sebagai Ketua DPC PKB Sikka, dialah yang berwewenang mengajukan paket ke KPU. Karenanya, ketika dia melihat ada koalisi yang sudah memenuhi suara sah 15 persen, maka dia ikut bergabung ke Koalisi Sikka Sejahtera dengan PPP dan PKPB.
Ditanya apakah jika DPP PKB 'memerintahkan' atau merekomendasikan ke DPC PKB agar mendukung paket Yosua, bukan paket Mesra, Don enggan menanggapi. Namun Don dengan tegas mengatakan, "Tidak ada rekomendasi seperti itu. Ketua DPC PKB yang mendaftarkan paket ke KPU."
Diberitakan sebelumnya, Gus Dur menyetujui paket calon Drs. Yos Ansar Rera-Urbanus Lora (Yosua) yang akan maju dalam Pilkada Sikka mendatang. Persetujuan DPP PKB terhadap paket Yosua ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) DPP PKB Nomor 2887/DPP-02/IV/A.1/II/2008 tanggal 5 Februari 2008.
Dengan pendaftaran paket AYO dan Mesra, maka hingga Senin (11/2/2008), sudah lima paket pasangan yang mendaftarkan diri ke KPU Sikka. Tiga paket lainnya, yakni Soda (Drs. Sosimus Mitang-dr. Damianus Wera) dari Koalisi Bersama Membangun Sikka (PNI Marhaenisme, Partai Demokrat, Partai Patriot Pancasila dan Partai Sarikat Indonesia), Abdi (Drs. Alex Hendro Bapa-Robertus R Diogo Idong) dari Golkar dan Hero (Ir. Heny Doing-Drs. Remigius Cosmas) dari Koalisi Sikka Bersatu (PBR, PIB, PNBK, PPD, PPDK, PKPI, PAN, PBSD, Pelopor dan PPDI).
Tinggal dua paket lagi yang belum mendaftarkan diri meski sudah mengambil formulir pendafaran di KPU Sikka. Dua paket itu yakni paket Semadu Sadipun-Suitbertus Amandus yang mengatasnamakan Partai Golkar hasil Musda VII dan paket Yosua (Drs. Yos Ansar Rera-Urbanus Lora) dari Koalisi Bagi Rakyat. (vel)

Tidak ada komentar: