Rabu, 12 Maret 2008

Kobar lengkapi berkas tiga partai

Kepengurusan partai pendukung Yosua :
----------------------------------------------------------------------------
Partai Pengurus
----------------------------------------------------------------------------
Pelopor Yoseph Mbele/Hironimus Kung,S.Fil
PAN Anton Sima Kebu/Anton Seto
PPDI Stefanus Wula/Elisabeth Luju
PKB Bertholomeus Moa/Frans Harun, S.Fil
PBSD Gabriel YA Bheo Degha,SH/Ernamia Maria,ST
PBB Boy,S.Ip/Harudin
PIB Dominikus Leka/Dominikus Dedo
PKS Putut Rakhminto/Yumandil Alfan
---------------------------------------------------------------------------
Sumber: Kobar, diolah Pos Kupang
MAUMERE, PK--Koalisi Bagi Rakyat (Kobar), pengusung paket Yosua (Drs. Yos Ansar Rera-Urbanus Lora) sudah melengkapi berkas tiga dari delapan partai pengukungnya. Tiga partai dimaksud, yaitu PAN, Pelopor dan PPDI. Menurut rencana, Kobar akan memasukkan berkas tiga partai tersebut ke KPU Sikka pada hari terakhir pemasukan berkas, Selasa (11/3/2008) siang.
Sebelumnya, paket Yosua dinyatakan gugur dalam verifikasi I KPU Sikka karena kepengurusan tiga partai, yakni PAN, Pelopor dan PPDI yang mendukung paket Yosua dinyatakan tidak sah. Sebaliknya kepengurusan sah dari tiga partai tersebut masuk ke paket Hero (Ir. Heny Doing-Drs. Remigius Cosmas). Karena itu meski Yosua mendapat dukungan kepengurusan sah dari lima parpol (PBSD, PBB, PPIB, PKB, PKS), namun karena hanya memperoleh suara 11.855 atau 8,36 persen, maka Yosua dinyatakan gugur.
Namun belakangan, karena terjadi protes dan aksi massa mengenai hasil verifikasi I KPU Sikka itu, maka KPU Sikka mencabut SK Nomor 1 KPU dan menggantikan dengan SK Nomor 20 KPU. Dalam SK itu KPU melakukan verifikasi ulang terhadap tujuh paket, termasuk paket Yosua.
Ketua Koalisi Kobar, Yoseph Mbele, kepada wartawan, Sabtu (8/3/2008) sore, di Sekretariat Kobar mengatakan, berkas tiga partai itu sudah dilengkapi dan akan dimasukkan ke KPU, Selasa (11/3/2008) siang. Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Kobar, Syuaib Yunus, Ketua PBSD, Gabriel Degha, S.H, Ketua PKS, Putut Rakhminto; Sekretaris PKB, Frans Harun. Hadir pula Cawabup dari Kobar, Drs. Urbanus Lora.
Mbele mengatakan, pihaknya sudah siap mengajukan kelengkapan berkas kepengurusan tiga partai (PAN, Pelopor, PPDI), yang sebelumnya dinyatakan tidak sah oleh DPP. Kepengurusan sah tiga partai tersebut yang mendukung Yosua, kata Mbele, yakni Partai Pelopor (Yoseph Mbele/Hironimus Kung, S.Fil), PAN (Anton Sima Kebu/Anton Seto) dan PPDI (Stefanus Wula/Elisabeth Luju). "Berkas kepengurusan tiga partai ini sudah kami lengkapi dan berkasnya akan kami masukkan tanggal 11 Maret 2008 nanti," kata Mbele. Sementara berkas kepengurusan lima partai lainnya (PBSD, PBB, PPIB, PKB, PKS) sudah lengkap mengikuti SK yang lama.
Mbele berharap, dalam verifikasi ulang terhadap tujuh paket ini, KPU Sikka bisa mendasari penelitian berkas syarat pengajuan calon dan syarat calon sesuai aturan perundangan yang berlaku. Diharapkan KPU benar-benar bisa bekerja profesional dan akhirnya menentukan paket mana yang lolos dan paket mana yang tidak lolos.
Lebih lanjut Mbele mengatakan, makna dari verifikasi ulang KPU Sikka itu artinya KPU Sikka melakukan verifikasi ulang terhadap tujuh paket pasangan balon, bukan hanya melakukan verifikasi terhadap tiga paket pasangan yang sebelumnya dinyatakan gugur dalam verifikasi KPU Sikka. Hal mana ditandai dengan pencabutan SK KPU Nomor 1 tentang jadwal tahapan Pilkada dan penerbitan SK baru KPU Sikka Nomor 20.
(vel)
Sadipun-Amandus tidak
ikut test kesehatan
PAKET pasangan calon Bupati/wakil bupati, Drs. YBS Sadipun-Suitbertus Amandus dari Partai Gokar hasil Musda VII, Sabtu (8/3/2008) siang, tidak ikut menjalani test kesehatan yang dijadwalkan KPU Kabupaten Sikka. Ketidakhadiran paket ini tanpa pemberitahuan resmi kepada KPU Sikka. Sementara dua paket lain, yakni paket Yosua (Drs. Yos Ansar Rera-Urbanus Lora) dari Koalisi Bagi Rakyat (Kobar) dan paket Mesra (Drs. Landoaldus Mekeng-Drs. Fransiskus Sura, MM), ikut menjalani test kesehatan.
Sedangkan empat paket pasangan calon lain masing-masing paket Ayo (Drs. Alexander Longginus-dr. Henyo Kerong) dari PDIP; paket Abdi (Drs. Alex Hendro Bapa-R Robertus Idong) dari Partai Golkar; paket Hero (Ir. Heny Doing-Drs. Remigius Cosmas) dari Koalisis Sikka Bersatu dan Paket Soda (Drs. Sosimus Mitang-dr. Wera Damianus) dari Koalisi Bersama Membangun Sikka, tidak terlihat ikut menjalani test kesehatan, Sabtu (8/3/2008).
Proses pemeriksaan atau test kesehatan paket Yosua dan Mesra itu dilakukan di Ruangan Pavilium RSU TC Hillers Maumere sejak pukul 08.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita. Pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan fisik dan psikis itu meliputi pemeriksaan jantung, mata, penyakit dalam, THT, radiologi, syaraf dan lainnya.
Tim dokter ahli yang memeriksa kesehatan tersebut yakni dr. Candida Isabel, Sp.S (saraf); dr. Hendradi Sp.THT (THT); dr Daud Nurul Sp.M (mata); dr. Agus Suarsa, Sp.B (bedah); dr. Dickson, Sp.KJ (jiwa); dr. Budiarsa, Sp.Rad (radiologi); dr Asep Purnama Sp.PD (penyakit dalam), drg. Paulus (gigi).
Seperti disaksikan, pemeriksaan kesehatan itu bakal calon bupati/wakil bupati itu hanya diikuti dua dari tiga paket pasangan balon yang sebelumnya dinyatakan gugur dalam verifikasi I KPU Sikka, yakni paket Yosua dan Mesra. Sementara itu paket Sadipun-Amandus tidak kelihatan.
Tampak Ketua KPU Sikka, Robby Keupung, dan Ketua Pokja Pencalonan, Vivano Bogar dan Jubir KPU, Thomas Aquino. Kepada wartawan, Jubir KPU Sikka, Thomas Aquino, mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan surat KPU tanggal 3 Maret 2008 untuk tiga pasangan calon yakni Yosua, Mesra dan Sadipun-Amandus, guna menjalani test kesehatan di RSU TC HiIlers. Namun pihaknya tidak tahu mengapa sampai hari H itu, paket Sadipun-Amandus tidak hadir mengikuti test kesehatan. "Tidak ada keterangan kenapa paket tersebut tidak hadir saat ini," kata Thomas.
Apakah ketidakhadiran Paket Sadipun ini bisa menggugurkan paket ini untuk ikut Pilkada 2008 April mendatang, Thomas mengatakan, keputusan tentang paket mana yang lolos atau tidak lolos dalam verifikasi KPU nantinya akan dibahas dalam pleno KPUD. Hasil pemeriksaan kesehatan akan diserahkan kepada KPU Sikka oleh pihak RSU pada Senin (10/3/2008). Pemasukan berkas syarat pengajuan calon dan syarat calon kepada KPU Sikka akan berlangsung sejak tanggal 3-11 Maret 2008 (bukan 3-8 Maret 2008 --Red). (vel)

Tidak ada komentar: