Rabu, 05 Maret 2008

Yosua dan Mesra lengkapi syarat

MAUMERE, PK---Koalisi Bagi Rakyat (Kobar), pengusung paket Yosua (Drs. Yos Ansar Rera-Drs. Urbanus Lora), dan Koalisi Sikka Sejahtera, pengusung paket Mesra (Drs. Landoaldus Mekeng-Drs. Fransiskus Sura, MM), tengah melengkapi sejumlah persyaratan untuk verifikasi ulang KPU Sikka. Mereka berharap KPU Sikka bisa menjadi juri yang adil dalam melakukan penelitian kelengkapan syarat pengajuan calon dan syarat calon dalam verifikasi ulang tersebut.
Sementara itu empat paket pasangan calon lain, masing-masing paket Ayo (Drs. Alexander Longginus-Dr. Henyo Kerong) dari PDIP, paket Abdi (Drs. Alex Hendro Bapa-R Robby Idong. S.Sos,M.Si) dari Golkar, paket Hero (Ir. R Heny Doing-Remigius Cosmas) dari Koalisi Sikka Bersatu, dan paket Soda (Drs. Sosimus Mitang-Dr. Damianus Wera) dari Koalisi Bersama Membangun Sikka sudah selesai melengkapi bahan persyaratan tersebut.
Demikian sejumlah ketua koalisi dan cabup ketika dihubungi Pos Kupang di tempat berbeda, Selasa (4/3/2008) sore. Untuk diketahui, sebelumnya paket Yosua 'gugur' dalam verifikasi I KPU Sikka dikarenakan 'kehilangan' tiga dari delapan parpol pengusungnya. Status kepengurusan partai PPDI, PAN dan Pelopor dinyatakan tidak sah, meski lima parpol, yakni PBSD, PBB, PPIB, PKB dan PKS status kepengurusannya sah dengan perolehan suara 11,855 atau persentase 8,36. Tiga partai yang 'hilang' dari Yosua itu masuk dan dinyatakan sah kepengurusannya oleh DPP untuk paket Hero.
Sementara paket Mesra sebelumnya juga dinyatakan gugur verifikasi I KPU karena PKB, satu dari tiga partai pendukungnya, dinyatakan memiliki status kepengurusan yang tidak sah. DPP menyatakan PKB yang sah masuk ke paket Yosua. Karenanya, meski dua partai, P3 dan PKPB, dinyatakan sah namun perolehan kursinya hanya 3 kursi. Paket Drs. YBS Sadipun-Suitbertus Amandus, usungan Partai Golkar hasil Musda VII dinyatakan gugur verifikasi I KPU karena kepengurusan Sadipun tidak diakui DPP.
Dikonfirmasi Pos Kupang, Selasa (4/3/2008), ketua koalisi tim sukses paket Mesra, Andre Parera, mengatakan, berkas syarat pengajuan calon paket Mesra sudah dimasukkan ke KPU Sikka sejak verifikasi I. Karenanya berkas itulah yang terus dipakai paket Mesra. Meski demikian, Andre mengatakan, pihaknya juga masih melengkapi sejumlah syarat lainnya. Andre berharap dengan verifikasi ulang itu, KPU Sikka benar-benar bisa menunjukkan kinerjanya lebih baik daripada sebelumnya. Khusus berkas partai PKB, kata Andre, pihaknya tetap menggunakan SK kepengurusan di mana PKB dengan ketua Don JWR da Silva dan sekretaris Yoseph Karmianto Erik.
Sementara itu Ketua Koalisi Kobar, Yoseph Mbele, mengatakan, saat ini baru lima parpol, yakni PBSD, PBB, PPIB, PKB dan PKS yang dinyatakan memiliki status kepengurusan yang sah dengan perolehan suara 11,855 atau persentase 8,36. Sementara tiga partai lain, yakni PAN, Pelopor dan PPDI belum terakomodir. "PAN dan PPDI masih dibahas di tingkat intern koalisi," kata Mbele.
Sementara PKB yang juga berada pada paket Mesra, menurut Mbele, tidak sah karena kepengurusan PKB yang sah adalah Ketua Bertholomeus Moa dan sekretaris, Frans Harun, S.Fil yang mendukung paket Yosua.
Sementara untuk Partai Pelopor yang 'masuk' ke paket Hero, kata Mbele, juga tidak sah karena kepengurusan Partai Pelopor yang sah ada di tangannya selaku ketua dengan sekretaris Hironimus yang mendukung paket Yosua.
Sejumlah paket lain yakni paket Abdi, Soda dan Hero menyatakan pihaknya sudah melengkapi seluruh syarat pengajuan calon dan syarat calon sejak dilakukan verifikasi I dan penelitian oleh KPU dalam kurun waktu tanggal 13-26 Februari 2008. Ketua Koalisi Sikka bersatu, Abdul Muis pun, menegaskan, delapan parpol pendukung paket Hero yakni PNBK, PPD, PKPI, PAN, PBR, Pelopor dan PPDI serta PPDK, status kepengurusannya sudah dinyatakan sah oleh DPP dan DPW dengan perolehan suara 23,678 dan persentase 16,70. "Tidak ada dualisme, kepengurusan delapan partai pendukung Hero sudah sah dan akan terus solid mendukug Hero," tegas Abdul.
Sementara itu Cabup Drs. Alex Hendro Bapa mengatakan, syarat paket Abdi sudah lengkap dan sudah dimasukkan saat verifikasi dan penelitian ulang. Hal senada disampaikan Cabup Drs. Sosimus Mitang.
Ketua KPU Sikka, Robby Keupungm, yang hendak dikonfirmasi di kantronya, Selasa (4/3/2008) siang, tidak berada di tempat. Begitu pula empat anggota KPU lainnya, yakni Thomas Aquino (jubir), Albertus Ben Bao, Vivano Bogar dan Yustinus Dharmoyuwono. Seluruh anggota KPU sudah berangkat ke Kupang sejak kemarin sore (Senin 3/3/2008, Red). Jubir KPU, Thomas Aquino, tidak berhasil dihubungi via telepon genggamnya karena tidak aktif. (vel)
Tabel pemasukan berkas syarat
============================================
Paket Asal Masalah
------------------------------------------------------------------------
Ayo PDIP Lengkap
Abdi Golkar Lengkap
Hero Sikka Bersatu Lengkap
Soda Bsm Membangun Sikka Lengkap
Yosua Kobar PAN, Pelopor, PPDI
Mesra Sikka Sejahtera PKB
Sadipun Golkar Musda VII Kepengurusan
========================================
Sumber: koalisi/cabup/cawabup

Tidak ada komentar: