Rabu, 12 Maret 2008

UD Setia ludes terbakar

KUPANG, PK -- UD Setia milik Yohanis Balan, warga RT 06/RW 02, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, ludes terbakar, Kamis (6/3/2008) sekitar pukul 02.30 Wita. Diduga kebakaran itu akibat korsleting listrik.
Yohanis Balan yang ditemui Pos Kupang di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Kamis (6/3/2008) pukul 09.00 Wita, menjelaskan, kebakaran yang menimpa tempat usahanya itu berlangsung cepat sehingga menghanguskan seluruh barang dagangan, baik yang ada di toko maupun di gudang.
Kejadian itu, jelas Yohanis Balan, bermula ketika dirinya mendengar bunyi ledakan seperti botol yang jatuh di lantai. Mendengar hal itu dirinya keluar dari tidur dan mendapatkan api sudah berkobar dan mulai menjilati bagian gudang tempat penyimpanan berbagai jenis barang dagangan yang berhimpitan langsung dengan sumber api.
Ketika itu, dirinya bersama sejumlah penghuni rumah lainnya tidak bisa berbuat banyak, karena kobaran api terus membesar. Sejumlah warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian mencoba membantu memadamkan api, tetapi tidak berhasil karena api semakin membesar dan mulai membakar seluruh isi toko.
Sejumlah warga hanya bisa menyelamatkan sejumlah perabot rumah tangga milik Yohanis Balan yang berada di ruangan bagian belakang toko. "Ketika saya bangun, saya melihat api sudah besar dan mulai membakar sebagian gudang tempat penyimpanan barang-barang jualan. Saya hanya bisa pasrah saja saat itu," kata Yohanis Balan.
Mobil pemadam kebakaran baru tiba di lokasi kejadian 30 menit kemudian. Saat itu api sudah menghanguskan sebagian besar isi toko dan gudang barang.
Dalam kejadian itu, kata Yohanis Balan, satu unit mesin foto copy, dua unit kulkas ikut terbakar serta barang dagangan lainnya, seperti sembako dan bahan bangunan. Akibat kebakaran itu, kata Yohanis Balan, kerugian yang dialaminya sekitar Rp 700 juta lebih.
Yohanis Balan mengakui, pada bulan Februari 2008 lalu, sebagian barang dagangannya juga sempat terbakar akibat korsleting listrik di toko tersebut, mengakibatkan sejumlah barang dagangannya terbakar, seperti beras dan super mie. Kebakaran saat itu tidak merembet ke tempat lain karena dapat dilokalisir.
Wakapolsek Kupang Tengah, Aipda Piter Klemens yang ditemui Pos Kupang di TKP, mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan dan belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut. (ben)

Tidak ada komentar: